Tips Berbelanja Online Yang Baik Agar Tidak Tertipu


Tidak dapat disangkal bahwa aktivitas belanja kini telah bergeser dari mengunjungi toko di mal menjadi belanja online. Ada banyak alasan mengapa belanja online lebih menguntungkan, bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, ada diskon, sangat praktis karena Anda dapat menggunakan layanan internet atau koneksi internet di rumah untuk melakukan transaksi.

Jika ingin berbelanja online, coba dulu tips berikut ini agar tidak tertipu:

Pilih penjual dengan label penjual tepercaya

Pernahkah Anda mendengar kata ini? Ya, dua kata ini adalah jenis kata ¬†yang “dijual” oleh pemilik toko online untuk menjadi identitas mereka di dunia maya. Ini adalah status yang harus dicek terlebih dahulu untuk mengetahui apakah penjual tersebut benar-benar penjual yang terpercaya atau hanya tipuan untuk menarik banyak pembeli. Cara mengeceknya adalah dengan melihat bagaimana kinerja toko online tersebut dan bagaimana reputasinya.

Memperhatikan review toko

Ini juga perlu diperhatikan karena biasanya orang yang kecewa atau puas dengan pelayanan toko akan menulis review dari toko tersebut.

Temukan garansi dan sistem produk

Apakah toko online menawarkan sistem garansi dan produk jika barang yang kita beli ternyata rusak? Perhatikan juga jenis garansi yang diberikan, seperti garansi toko atau garansi produk. Hal ini penting karena kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi barang elektronik yang dikirimkan kepada kita.

Pembayaran COD

Untuk mencegah penipuan, Anda harus memilih pembayaran ini jika toko memiliki sistem pembayaran cash on delivery atau cash on delivery. Sistem pembayaran COD memungkinkan kami untuk memeriksa kondisi barang terlebih dahulu dan membayar saat kami yakin dengan kondisinya.
sistem pengantaran. Jika tidak ada sistem COD dan barang langsung dikirim ke kami, mohon dicek kembali sistem pengirimannya. Banyak toko sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan pengiriman online di hari yang sama sehingga barang bisa diterima kita hari itu juga. Jangan lupa untuk selalu menggunakan jasa asuransi yang tersedia dari toko tersebut.

Itulah hal yang perlu diperhatikan saat belanja secara online. Semoga membantu dan selamat mencoba.