Penyebab Jerawat Dikepala Dan Cara Untuk Mengatasinya

Akibat terjadinya jerawat di kepala saat pori-pori rambut mengalami penyumbatan, sama halnya dengan jerawat pada umumnya. Penyumbatan ini di karenakan oleh penumpukan sel-sel kulit mati atau minyak yang menutupi pori-pori. Akibatnya, sel kulit mati menjadi tidak dapat keluar, meradang dan terjadi jerawat.

Jerawat yang biasanya timbul di wajah ataupun punggung, juga bisa mengganggu pada bagian kepalamu. Walaupun tidak terlihat, jerawat di kepala ini bisa terasa sakit, dan mengganggu anda saat menyisir rambut.

Biasanya penyebab jerawat di kepala di karenakan oleh berbagai masalah. Masalah kebiasaan dalam merawat rambut kepala dan kondisi medis dapat menjadi masalah jerawat di kepala.

Berikut Ini Beberapa Kebiasaan Yang Dapat Memicu Jerawat Dikepala
  • Kesalahan Saat Keramas

Akibat timbulnya jerawat di kepala yang pertama itu karena di pengaruhi oleh kesalahan pada saat keramas. Tidak membilas rambut dengan bersih merupakan salah satu kesalahan saat keramas yang sering terjadi. Ini di akibatkan sisa-sisa shampo yang menumpuk dan menyumbat pori-pori dikepala.

  • Penggunaan Produk Secara Berlebihan

Beberapa produk rambut, seperti gel rambut dapat mengakibatkan jerawat di kepala nimbul. Karena, produk-produk tersebut dapat merangsang produksi minyak di kepala menjadi berlebihan dan mengakibatkan jerawat.

  • Menggunakan Penutup Kepala

Terlalu lama menggunakan penutup kepala seperti helm, topi atau ikat rambut juga dapat menghambat aliran oksigen pada kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala menjadi keringat dan kelenjar minyak akan menghasilkan sebum yang lebih banyak.

Jadi lama-kelamaan, jerawat pada kulit kepala akan kluar dan terasa sakit. Selain itu menggunakan penutup kepala yang ketat atau dengan bahan yang dapat membuat keringat berlebihan juga bisa memicu terjadinya jerawat di kepala.

  • Tidak Menjaga Kebersihan Rambut dan Kulit Kepala

Pastinya salah satu akibat jerawat di kepala yang paling utama adalah  tidak menjaga kebersihan rambut dan juga kulit kepala. Anda wajib untuk benar-benar memperhatikan agar tidak mandi dengan berendam pada bath tub yang tidak bersih atau pun saat mencukur.

Cara Untuk Mengatasi Jerawat Dikepala
  1. Gunakan shampo yang tepat. Untuk jerawat anda dapat mencoba menggunakan produk shampi yang memiliki kandungan asam salisilat, ketoconazole, tea tree oil dan juga minyak jojoba ini dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan juga membunuh bakteri.
  2. Hindari penggunaan produk rambut seperti shapi, wax, minyak rambut, pomade dan juga hairspray yang bisa menyumbat pada pori-pori kulit kepala.
  3. Jangan pernah untuk memencet jerawat di kepala dengan menggunakan jari atau alat apapun karena bisa mengakibatkan infeksi semakin parah.
  4. Mencuci rambut 2x sehari dengan menggunakan air hangat dan shampo antibakteri.
  5. Hindari iritasi pada kulit kepala yang di akibatkan oleh pisau cukur, pelurus dan pengeriting rambut, dan juga pada produk perawatan rambut yang berbahan kimia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *