Hewan Endemik Indonesia Yang Eksotis

Hewan Endemik Indonesia Yang Eksotis

Jika kamu orang Indonesia pastinya kamu tahu dong hewan endemik Indonesia itu apa saja, Jika kamu menjawab komodo, anoa, orang utan, harimau, cendrawasi dan badak jawa sebagai contoh hewan asli Indonesia itu tidak salah. Tapi, apa hanya hewan-hewan itu saja?

Maka jawabannya tidak ya, Hewan endemik Indonesia masih sangat banyak yang mungkin masih belum kamu ketahui. Kali ini, saya akan mengajak Kamu untuk mengenal beberapa hewan endemik Indonesia yang lain di antaranya.

1. Kura-kura leher ular Pulau Rote

Jenis kura-kura yang memiliki leher seperti ular banyak sangat banyak di dunia, tapi kalau yang satu ini asli endemik dari Indonesia. Kura-kura yang memiliki nama ilmiah Chelodina Mccordil ini merupakan nama ilmiah yang diambil dari nama seorang ahli kura-kura yang berasal dari Amerika Serikat. Spesies kura-kura ini hanya bisa di jumpai di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Habitat kura-kura ini adalah sungai, rawa, dan danau.

2. Beruk mentawai

Beruk mentawai merupakan beruk endemik milik Indonesia yang bisa di jumpai dan menjadi endemik di kepulauan Mentawai sebelah barat dari Pulau Sumatra. Hewan ini juga biasa di sebut dengan nama beruk pagai, sebab beruk ini banyak dijumpai di pulau pagai selatan dan pagai utara.

3. Biawak tak bertelinga

Jika kamu pecinta hewan raptil, pastinya kamu mengenal yang namanya biawak kan. Tapi, biawak yang satu ini mungkin jarang kamu dengar dan mungkin baru ini kamu tahu. Biawak tak bertelinga merupakan spesies yang masih baru. Meski seperti itu, biawak jenis ini bisa di katakan sebagai fosil hidup karena biawak ini masih memiliki kedekatan dengan Cherminotus, salah satu biawak yang pernah hidup di dunia sekitar 70 juta tahun lalu.

Biawak ini merupakan endemik Pulau kalimantan dan kamu tidak bisa menjumpainnya di manapun selain di kalimantan.

4. Kucing merah

Kucing dengan keunikan bulunya yang berwarna coklat merah ini merupakan hewan endemik asli Indonesia yang berasal dari Pulau Kalimantan. Kucing ini memiliki sifat yang pemalu dan sulit untuk berinteraksi dengan manusia yang di mana itu membuat para ilmuwan kesulitan untuk mempelajarinya.

Ukuran kucing ini lebih besar dari kucing pada umumnya yaitu panjang kucing ini bisa mencapai 90 cm dari ujung kepala sampai ujung ekor. Kucing merah juga masuk dalam catatan hewan yang hampir punah, sebab hewan ini di perkirakan hanya tersisa sekitar 2.200 ekor saja di alam liar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *