3 Fungsi Dari Bagian-Bagian Pohon Kelapa Yang Luar Biasa

3 Fungsi Dari Bagian-Bagian Pohon Kelapa Yang Luar Biasa

Pohon kelapa bisa dibilang pohon serba guna, batang pohon bisa di buat jembatan, daun bisa di buat jadi sapu lidi, kelapa bisa di konsumsi, dan masih banyak lagi manfaat yang di miliki pohon kelapa.

Pohon kelapa juga sangat mudah di jumpai karena pohon ini mudah tumbuh tanpa harus ada campur tangan dari manusia, pohon kelapa umumnya akan tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis. Salah satu negara yang memiliki pohon kelapa adalah Indonesia, Indonesia sendiri merupakan produsen buah kelapa terbesar di dunia saat ini.

Pohon dengan nama latin coco nucifera ini banyak tumbuh di seluruh penjuru nusantara. Meski pohon ini di sebut sebagai pohon serba guna, nyatanya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat yang bisa di ambil dari beberapa bagian pohon ini.

Berikut ini akan kami berikan beberapa contoh manfaat dari pohon kelapa ini untuk kamu ketahui.

1. Akar

Dilansir dari artikel kesehatan, akar pohon kelapa mengambil peran dalam dunia kesehatan serta dunia arsitektur juga. Selain kedua fungsi itu, akar pohon kelapa juga bisa di manfaatkan sebagai pewarna alami. Air dari hasil rebusan akar kelapa bermanfaat untuk kesehatan, manfaatnya cukup banyak mulai dari mencegah penyakit pencernaan seperti disentri, diare, dan masalah pencernaan lainnya.

Konstruksi atau bentuk akar kelapa merupakan salah satu inspirasi dalam membuat rancangan pembangunan bandara udara karena di anggap memiliki bentuk yang kokoh untuk menopang batang kelapa yang besar dan menjulang tinggi ke langit namun tidak bisa tumbang karena angin, ataupun deburan ombak yang kuat.

2. Batang

Pohon kelapa memiliki ciri khas batang pohon yang permukaanya beralur-alur. Batang pohon kelapa juga lebih besar dan tumbuh lurus ke atas tanpa ada cabang.

Batang kelapa ini bisa di manfaat kan sebagai bahan dalam pembuatan furniture rumah tangga. Bahkan batang pohon yang lebih tua biasanya akan di jadikan kerangka bangunan.

3. Tempurung

Kamu pasti tahu tempurung kelapa  yang biasa di sebut dengan batok. Tempurung kelapa biasanya di manfaatkan oleh beberapa masyarakat sebagai bahan pembakaran atau biasa di jadikan arang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *